Badan Konsultasi dan Bantuan Hukum
Universitas Muhammadiyah Malang
Badan Konsultasi dan Bantuan Hukum
Universitas Muhammadiyah Malang

Seekor Musang Tertangkap Terbang Menunggang Burung Pelatuk

Author : Administrator | Kamis, 05 Maret 2015 09:45 WIB
 
Musang (Mustela nivalis) menunggang burung pelatuk (Picus viridis) dalam foro Martin Le May.

KOMPAS.com — Seorang fotografer amatir dari Essex, Martin Le May, mengabadikan perilaku hewan mengagumkan. Dari area Hornchurch Country Park di London timur, dia mengabadikan
seekor musang (Mustela nivalis) yang terbang menunggang burung pelatuk (Picus viridis).

Foto itu kemudian tersebar di media sosial. Di Twitter, foto itu di-retweet ribuan kali.

Kepada BBC, Selasa (3/3/3015), Le May mengungkapkan, dia memotret musang itu saat berjalan-jalan bersama istrinya. Dia mengaku mendengar suara hewan yang berisik lalu tertarik menyelidikinya.

"Saya lalu menyadari bahwa itu adalah burung pelatuk dengan mamalia di punggungnya," katanya.

Dia berpikir bahwa dirinya dan istrinya mengganggu musang. Lalu, selagi burung pelatuk di darat, musang mungkin mendekati. Ketika terbang, sang musang kemudian terbawa oleh si burung.

Apakah foto tersebut palsu atau asli? Hany Farid, peneliti forensik digital dari Darthmouth University, mengungkapkan bahwa foto itu asli.

Dia mengungkapkan bahwa butuh sebuah kebetulan yang langka sehingga foto musang dan burung bisa digabungkan menjadi satu. Fakta bahwa Le May mengunggah beberapa foto juga mendukung dugaan bahwa foto memang asli. Farid juga melihat konsistensi foto.

"Menggabungkan, maka saya tidak melihat adanya bukti bahwa foto itu palsu," ungkapnya kepada National Geographic, Selasa.

Jika foto itu nyata, lalu bagaimana bisa musang menunggang si burung? Biolog dari National Wildlife Federation di Virginia, David Mizejewski, mengungkapkan bahwa ciri dua spesies tersebut membuat fenomena itu sebenarnya wajar.

"Sementara ini terlihat mengagumkan, ini mungkin tidak begitu mengejutkan bila Anda mengenal sedikit tentang dua spesies itu," katanya.

Burung pelatuk banyak menghabiskan waktu di daratan untuk mencari semut. Dengan demikian, spesies itu rentan serangan predator, seperti musang. Musang sendiri memang biasanya memangsa hewan kecil macam kelinci, tetapi juga bisa memakan burung.

"Musang bergerak untuk melukai spinal cord dari mangsa dengan menggigit lehernya dan itulah yang kita lihat dalam foto," ujarnya.

Mizejewski mengungkapkan, alam menyimpan banyak hal mengagumkan. Manusia bisa melihat dan mengabadikannya secara langsung jika akrab dengan alam. Ia mengatakan, foto Le May sangat mengagumkan.

http://sains.kompas.com/

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image