Badan Konsultasi dan Bantuan Hukum
Universitas Muhammadiyah Malang
Badan Konsultasi dan Bantuan Hukum
Universitas Muhammadiyah Malang

Rubik Konsultasi Hukum Penipuan Berkedok CInta

PENIPUAN BERKEDOK CINTA



Assalamu’alaikum wr.wb.

 

Saya Rasmi (29) tinggal di Kepanjen, Malang. Saya dua tahun bekerja di Luar Negeri menjadi TKW (Tenaga Kerja Wanita) dan saya pulang ke Malang setahun yang lalu. Sebelum berangkat ke Luar Negeri saya berkenalan dengan Mr.X, dari perkenalan tersebut hubungan kita semakin intensif dan kita sempat beberapa kali melakukan hubungan layaknya suami isteri. dia juga menjanjikan akan segera menikahi saya sepulang dari Luar Negeri. Dalam jangka waktu dua tahun itu uang hasil kerja saya, saya kirimkan ke rekeningnya dengan maksud dikumpulkan untuk persiapan menikah kelak. Jumlahnya kurang lebih Rp. 18.000.000,-, namun dia hanya mengaku lima juta rupiah.

Setelah saya pulang dari luar negeri, dia juga sering datang ke rumah dan melakukan hubungan layaknya suami isteri. Dari hubungan tersebut akhirnya perut saya membesar dan sekarang sudah mencapai usia delapan bulan. Tidak tahunya dia malah melarikan diri dan menikah dengan orang lain. Saya jadi bingung, uang saya sudah dirampas, kehormatan saya juga direnggut dan meninggalkan jabang bayi. Dan yang lebih tragis lagi saya merupakan salah satu korban dari lebih lima korban yang dikerjai Mr.X. Terus apa yang harus saya perbuat, sedang saya hanya lulus SMP dan tidak tahu Hukum. Mohon penjelasan.

 

Rasmi

Kepanjen, Malang.

 

 

Jawaban

 

Wassalamu’alaikum wr. wb.

            Mba Rasmi yang ada di Malang, semoga saudara Rasmi segera terlepas dari kemalangan yang saudara alami sekarang. Dari kasus yang diceritakan saudara, kami bisa menyimpulkan telah terjadi beberapa akumulasi tindak pidana. Yang pertama pada kasus saudara mungkin lebih mengerucut pada penggelapan yaitu sesuai KUHP Pasal 372 yang berbunyi ”Barang siapa dengan sengaja dan melawan hukum memiliki barang sesuatu yang seluruhnya atau sebagian adalah kepunyaan orang lain, tetapi yang ada dalam kekuasaannya bukan karena kejahatan diancam karena penggelapan, dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak sembilan ratus rupiah”, karena Mr.X telah menggunakan uang yang saudara kirimkan kepadanya dengan maksud untuk dititipkan.

            Yang kedua,  Mr.X bisa dijerat dengan pasal penipuan yaitu pasal 378 KUHP dan pelaku bisa di ancam dengan hukuman penjara paling lama empat tahun. Dia telah mengambil kepercayaan yang saudara berikan kemudian memanfaatkannya, dengan tujuan hendak memuaskan diri dan bermaksud memiliki uang milik saudara. Mengenai anak yang terkandung di rahim saudara yang merupakan hubungan suka sama suka, namun bisa juga saudara melaporkan dengan pasal pencabulan.

            Langkah yang saudara lakukan adalah segera melaporkan kejadian ini ke pihak yang berwajib (polisi) yang terdekat dengan domisili saudara. Mengingat ini adalah salah satu bentuk kekerasan terhadap perempun, maka kasus ini bisa juga diadukan ke komnas wanita yang ada di Malang. Namun sebelumnya saudara membicarakan dahulu permasalahan ini kepada Mr. X untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya dan dengan musyawarah damai. Kalau sudah tidak mau bertanggungjawab segera saja diselesaikan melalui jalur hukum.

Demikian jawaban dari kami, semoga bermanfaat buat saudara dan semoga masalah ini segera terselesaikan.

 

 

Tim BKBH

law_corner@yahoo.com

titto_arema@yahoo.com

Shared: